Facebook mengatakan mungkin ada lebih banyak kebocoran berukuran Cambridge Analytica
Facebook Inc sedang mencari kebocoran data berukuran Analytica Cambridge lainnya, dan perusahaan itu memperingatkan hari Kamis bahwa pengguna dan investor mungkin tidak menyukai apa yang ditemukannya.
Beberapa tahun yang
lalu, 270.000 orang menggunakan aplikasi kuis kepribadian di jejaring sosial dan berbagi informasi tentang teman-teman Facebook mereka. Itu menambah hingga 87 juta orang. Data tersebut kemudian diteruskan ke Cambridge Analytica, sebuah perusahaan konsultan politik, tanpa persetujuan pengguna. Setelah kegemparan publik, Facebook mengumumkan akan mengaudit semua aplikasi populer dari ketika aturan datanya lebih longgar.
Facebook mengatakan mereka mengharapkan untuk menemukan dan mengumumkan lebih banyak "contoh penyalahgunaan data pengguna atau kegiatan yang tidak diinginkan lainnya oleh pihak ketiga," menurut pengajuan Kamis dengan Securities and Exchange Commission.
Media mungkin mengungkap permainan kotor sebelum Facebook melakukannya, perusahaan juga mengatakan. Bagaimanapun juga, “penemuan sebelumnya dapat secara negatif mempengaruhi kepercayaan dan keterlibatan pengguna, merusak reputasi dan merek kami, dan mempengaruhi bisnis kami dan hasil keuangan kami,” kata raksasa media sosial itu dalam pengarsipan.
Ini juga dapat mengekspos Facebook untuk lebih banyak risiko peraturan, denda dan hukuman, di luar pengawasan yang sudah dipimpin Chief Executive Officer Mark Zuckerberg untuk memberi kesaksian kepada Kongres, ia memperingatkan dalam pengajuan yang mencakup hasil dari kuartal pertama 2018.
Semua perusahaan publik mendaftar potensi risiko dalam pengajuan regulasi, sering mengulang yang sama dari kuartal ke kuartal. Facebook memperbarui bagian risikonya ketika perusahaan mengaudit bagaimana pengembang luar menggunakan jejaring sosialnya dan memotong beberapa akses ke data. Proses yang sedang berlangsung adalah menguji hubungan pengembang Facebook.
Pengajuan itu dilakukan sehari setelah Facebook mengumumkan pendapatannya, melampaui ekspektasi untuk penjualan dan pertumbuhan pengguna, dan menunjukkan bahwa mesin pengiklanannya sejauh ini tanpa cedera. Sahamnya melambung tinggi.
Tidak ada komentar: